Jumat, 14 September 2012

BIOLA (BIOKIMIA LANJUTAN) SEL


            Sel adalah unit terkecil  penyusun kehidupan. Sel yang dimaksud disini adalah sel melakukan berbagai fungsi dalam mengontrol organ-organ tubuh untuk melakukan berbagai tugasnya.  Sel terbagi menjadi tiga komponen utama yaitu membran sel, organel sel dan inti sel. Membran sel memiliki fungsi sebagai tempat terjadinya pertukaran bahan-bahan yang diperlukan untuk melangsungkan fungsi sel dan disusun oleh senyawa lipoprotein yaitu protein, lipid lalu protein lagi. Protein bersifat hidrofilik atau larut dalam air dan lemak bersifat hidrofobik atau tidak larut dalam air. Membran sel tidak hanya semipermeabel, yaitu bisa dilewati oleh berbagai macam zat. Tetapi membran juga bersifat selektif permeabel, yaitu hanya dapat dilewati oleh molekul tertentu saja.
Organel sel terdiri dari ribosom, mitokondria, lisosom, retikulum endoplasma halus, retikulum endoplasma kasar, badan golgi dan sentriol. Organel-organel sel tersebut melakukan berbagai fungsi, ribosom berperan dalam sintesa protein, mitokondria melepaskan energi utama (ATP) yang secara biologis berguna bagi aktivitas sel, lisosom sebagai penghasil dan penyimpan enzim pencernaan seluler, retikulum endoplasma halus dan kasar berfungsi sebagai tempat berbagai macam reaksi enzimatik dan alat transportasi zat-zat di dalam sel. Badan golgi peranannya sebagai tempat sementara penimbunan protein dan zat-zat lain yang dibuat dalam retikulum endoplasma dan sentriol berperan pada waktu sel membelah diri, dimana sentriol bergerak ka bagian sel berlawanan dan diantara kedua sentriol terbentuk gelendong-gelendong yang terdiri atas benang-benang protein.
            Fungsi dari inti sel adalah mengatur semua aktivitas sel, ini terjadi karena dalam inti sel terdapat kromosom yang berisi ADN yang mengatur sintesis protein.
            Setiap sel memiliki sifat dasar yaitu terdapat proses pelepasan energi oleh karbohidrat, lemak atau protein pada kondisi aerob, melepaskan hasil akhir reaksinya ke cairan disekitarnya dan mempunyai kemampuan regenerasi.
            Sel mengandung sekitar 75-80% air dan 10-20% protein. Air adalah medium utama, berfungsi melarutkan bahan kimia, sebagai media terjadinya reaksi kimia sel, untuk reaksi enzimatik dan membantu dalam proses metabolisme. Sebagian besar air di absorsi ke permukaan molekul-molekul protein. Protein merupakan polimer dari asam amino yang saling berikatan dengan ikatan peptida. Terdapat 20 macam asam amino penyusun protein. Protein pada sel berfungsi sebagai protein transpor, sebagai pemompa bahan untuk melewati membran sel, penyusun enzim, sebagai bahan struktur sel dan membantu pemeliharaan tekanan osmotik sel. Lipid ditemukan dalam membran sel dan jumlahnya hanya 2-3%. Fungsi lipid adalah pembentukan membran sel. Untuk karbohidrat dan bahan-bahan organik menyusun sel sekitar 1%. Karbohidrat tersusun atas atom C, H dan O. Karbohidrat yang penting untuk fungsi sel yaitu pentose, hexosa. Adanya karbohidrat berpengaruh terhadap fungsi membran. Elektrolit menyediakan bahan untuk reaksi selluler. Elektrolit berfungsi untuk mempertahankan tekanan osmotik dan keseimbangan asam basa dalam sel. Elektrolit yang penting yaitu kalium, magnesium, fosfat, natrium, kloreda dan kalsium. Asam nukkleat adalah makromolekul yang sangat penting untuk kelangsungan hidup sel. Asam terdiri atas dua macam, yaitu Asam deoksiribosa nukleat (DNA) dan asam ribosa nukleat (RNA). DNA merupakan penyimpan informasi genetis dan bersama-sama dengan protein histon membentuk kromosom.
            Gerakan larutan melewati membran sel yaitu difusi, osmosis dan transpor aktif. Difusi adalah gerakan molekul dari suatu daerah dengan konsentrasi tinggi ke daerah lain dengan konsentrasi lebih rendah karena energi kinetik molekul-molekul. Osmosis adalah gerakan molekul pelarut (air) melalui membran yang hanya permeabel dengan air) kearah daerah yang mengandung zat terlarut yang lebih pekat. Dan transpor aktif adalah gerakan molekul dari konsentrasi rendah ke konsentrasi yang lebih tinggi dan membutuhkan energi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar